Bibit Delima Hitam

Rp50.000

Polybag

Stok 87

Quantity
Compare
SKU: 341 Kategori:

Bibit Delima Hitam

Delima hitam merupakan tanaman perdu. Tinggi tanaman mencapai 5—8 m di dataran rendah. Tanaman berdaun kecil mengilap. Panen buah sekitar 5—7 bulan dari bunga mekar. Buah tua, tetapi belum masak penuh dapat bertahan hingga beberapa bulan. Selama penyimpanan, buah perlahan masak jika disimpan di tempat yang dingin dan kering.

Kulit buah delima hitam sejatinya ungu pekat sehingga tampak hitam. Masyarakat percaya delima hitam kaya manfaat dibandingkan dengan delima merah maupun putih. Namun, dari segi rasa delima merah lebih manis Selain memiliki rasa yang unik, buah delima hitam memiliki kandungan flavonoid yang sangat baik sebagai sumber untuk menjaga Kesehatan dan stamina tubuh. Bahkan beberapa memmpercayainya sebagai herbal tradisional untuk sejumlah penyakit seperti gangguan lambung, rematik, ganguan perut, diabetes, dan sebagainya. Saat berbunga, delima hitam tampak berbeda, karena bunganya berwarna merah. Sosok bunga tunggal muncul dari ujung ranting atau ketiak daun berjumlah 1—5 bunga. Tanaman ini tergolong rajin berbunga. Jika bunga berhasil diserbuki, maka muncul buah muda berukuran kecil diameter 5-12 cm. Di bagian biji tampak bentuk lonjong, keras, dan  berwarna merah. 

Delima hitam bisa tumbuh subur di daerah subtropis serta tropis. Bibit Delima Hitam bisa ditanam di daerah dataran rendah sampai 1.000 meter diatas permukaan laut. Lakukan penyiraman setiap hari agar tanaman subur. Juga letakkan pada lokasi dengan sinar matahari cukup. Delima hitam menyukai sinar matahari minimal 6—8 jam per hari. Tanaman belajar berbuah saat umur 1—2 tahun dari bibit hasil okulasi atau cangkok. 

Jika Bibit Delima Hitam diusahakan dalam pot atau tabulampot, maka untuk bibit pilih pot dengan diameter minimal 60 cm. Berikan media berupa campuran tanah, humus, dan pupuk kandang. Untuk perawatan, sirami tanaman sesuai kebutuhan, bisa 2 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk memberikan pupuk NPK seimbang pada tahapan awal secara rutin. Tanaman ini bisa mencapai tinggi lebih dari 1 m, karena itu bentuk tajuk dan sosok yang pendek serta menarik dengan cara memangkasnya secara rutin.

0

TOP

X