Bibit Delima Spanyol

Rp200.000

Polysack

Stok 88

Quantity
Compare
SKU: 402 Kategori: ,

Bibit Delima Spanyol

Bibit Delima SpanyolPunica granatum adalah tanaman buah-buahan asal Timur Tengah dan tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai dibawah 1.000 m di atas permukaan laut. Menurut para ahli dari Universitas California Los Angels (UCLA), Delima menduduki peringkat pertama sebagai jus buah paling sehat. Manfaat buah delima ntara lain yaitu melawan obesitas, melindungi jantung, mencegah kanker, meningkatkan daya ingat, mencegah artritis, dan mengatasi disfungsi ereksi.

Delima spanyol dikenal sebagai delima biji Llunak. Delima spanyol merupakan delima hasil rekayasa genetika dengan cara menyuntikkan delima biasa dengan hormon giberelin guna menjadikan bijinya lunak, berair dan terasa manis (tanpa rasa asam). Kulitnya sangat menarik karena berwarna merah semburat kuning yang menjadikan bibit delima spanyol banyak dijadikan koleksi.

Bibit Delima Spanyol. dapat dikembangbiakkan di dalam pot (tabulampot) maupun di lahan bebas.

Bibit umumnya berasal dari perbanyakan vegetatif, salah satunya cangkok. Dengan cara ini buah menjadi cepat berbuah Tinggi tanaman bibit biasanya mulai dari  60-75cm. Tanaman ini cocok diusahakan untuk semua daerah dataran tinggi maupun rendah. Waktu berbuah minimal 2 tahun setelah tanam, dengan syarat perawatan yang optimal. Perawatan termasuk mudah yaitu penyiraman, pemupukan, dan antisipasi dari hama semut. 

Penyiraman delima spanyol dilakukan 1 kali dalam sehari sejak masa tanam hingga masa akan berbunga. Peningkatan frekuensi penyiraman dilakukan saat masa pembungaan yakni menjadi 2 kali dalam sehari. Tujuannya agar bunga tidak mudah rontok.

Pemupukan dilakukan secara intensif tahap pertama menggunakan Atonik atau B1 selama 3 bulan pertama setelah tanam. Sementara itu tahap kedua saat masa pembungaan menggunakan NPK dengan perbandingan 16:16:16. Dosis pupuk sebanyak 1 sendok makan. Frekuensinya setiap 2 kali dalam sebulan bergantian dengan pupuk kandang atau kompos. Adapaun ketiga menggunakan NaFos Guano saat pembungaan hingga berbuah.

Daerah perakaran delima spanyol sering diserang oleh koloni semut. Bukan saja terganggu secara estetika, tetapi semut kerap beternak kutu putih di tunas daun muda. Cara mengatasinya yaitu dengan menyemprotkan air bertekanan agar kutu putih lepas dari tunas.

0

TOP

X