Bibit Durian Bawor

Rp200.000

polybag

Stok 64

Quantity
Compare
SKU: 357 Kategori:

Bibit Durian Bawor

Durian unggul asal Jawa Tengah ini memiliki keunggulan bobot buah yang dapat mencapai 6—7 kg per butir. Bobot buah bahkan bisa mencapai 12 kg per butir jika tanaman dirawat serius. Daging buahnya tebal dengan warna kuning.  Citarasanya manis. Biji dalam buah banyak yang kempes. Bibit Durian Bawor mempunyai ciri khas yakni memiliki lebih dari satu batang bawah. Tanaman mulai berbuah umur 3 –4 tahun dengan perawatan yang optimal. Pehobi bisa menanam durian bawor di lokasi sampai ketinggian 600 m di atas permukaan laut. Durian bawor sendiri jenis tanaman yang tahan cuaca panas. 

Bawor diambil dari nama salah seorang tokoh Punakawan pengikut Pandawa, yang berhati mulia. Namun, bawor juga akronim dari batang bawah owor-owor alias campur-campur. Itu karena Bibit Durian Bawor diperbanyak dengan sistem kaki empat alias 4 batang bawah untuk 1 tanaman.  Pohon induk ditanam di tengah, di sekelilingnya 4 biji ditumbuhkan. Bila tanaman dari biji telah berusia sekitar 3 bulan, disambungkan dengan tanaman induk. Menghadirkan kesan sang tanaman berkaki empat. Selang 3 tahun, tanaman belajar berbuah.

Bawor dapat menjadi pilihan pekebun karena tergolong durian bagus. Buahnya berukuran besar seperti monthong dengan karakter warna dan kualitas daging buah lebih bagus daripada monthong.  Jika ingin menanam, pilih lokasi dengan iklim curah hujan antara 3.000-3.500 mm/tahun, atau minimal 1.500 mm/ tahun. Sebaiknya curah hujan yang diperoleh merata, dan juga memiliki 1-2 bulan kering, sebelum akhirnya berbunga. 

Sebagaimana durian lainnya, tanaman ini juga memerlukan sinar matahari yang cukup (intensitas 60-80%) dan langsung. Dibutuhkan juga suhu tanam sekitar 20-30 oC. Adapun jenis tanah yang cocok untuk membudidayakan durian bawor adalah tanah berjenis grumosol dan andosol yang memiliki sifat mampu mengikat air tinggi. Tanaman durian bawor termasuk tanaman tahunan dengan perakaran dalam, maka membutuhkan kandungan air tanah dengan kedalaman cukup (50-150 cm) dan (150 -200 cm). Jika kedalaman air tanah terlalu dangkal atau dalam, rasa buah tidak manis dan tanaman akan mudah mengering atau bahkan busuk bila selalu tergenang air.

0

TOP

X