Diskon - 20%

Bibit Durian Musangking (kaki 3)

Rp150.000 Rp120.000

polybag

Stok habis

Compare
SKU: 427 Kategori:

Bibit Durian Musangking (kaki 3)

Nama musang king lebih dikenal setelah ada publikasi di majalah berbahasa Mandarin di Malaysia pada 1993. Nama itu sendiri lahir dari daerah asal durian itu: Gua Musang di Kelantan. Dari Kelantan penanamannya menyebar ke daerah lain seperti Pahang. Kebun-kebun komersial yang ada di Malaysia hampir semua menanam musang king. Penanaman di berbagai lokasi menyebabkan ketersediaan musang king  selalu ada hampir sepanjang tahun. Produksi total kian tinggi sehingga buah bisa diekspor ke Singapura, China, dan Indonesia.

Durian paling ternama dari Malaysia itu memiliki cita rasa yang benar-benar maknyus. Musang king disebut-sebut sebagai durian istimewa karena penampilan buah paling menggoda: daging buah berwarna kuning dan tebal. Di kalangan mania durian, raja buah berdaging kuning paling diincar. Pantas dengan segera banyak yang terpikat. Musang king berbiji kecil. Daging buahnya kering, tanpa serat, dan lembut. Cita rasanya manis dan legit.

Untuk mengebunkan  atur jarak tanam Bibit Durian Musangking (kaki 3) 10 m x 10 m. Sebelum menanam taburkan 2 genggam dolomit dan 2 sendok makan fungisida berbahan aktif karbofuran. Tujuannya untuk mencegah penyakit tular tanah akibat cendawan. Setelah tanaman muncul tunas baru berikan pupuk. Pada pemupukan awal semprotkan pupuk daun ke seluruh tajuk tanaman setiap dua pekan. Tujuannya untuk menggenjot pertumbuhan vegetatif. 

Berikan pula pupuk NPK setiap 3 bulan sekali. Dosis tergantung umur tanaman setelah tanam Bibit Durian Musangking (kaki 3). Ketika awal tanam berikan  2 sendok makan pupuk NPK berimbang (16:16:16) di sekeliling tanaman di bawah tajuk. Semakin bertambah umur pohon dosis pupuk meningkat. Pada umur 1—2 tahun berikan segenggam pupuk NPK, umur 3—4 tahun 2 genggam, dan umur 5 tahun 5 genggam.

Lakukan penyemprotan fungisida setiap bulan saat kemarau untuk mencegah serangan hama dan penyakit tanaman. Saat musim hujan frekuensi penyemprotan menjadi setiap dua pekan. Sementara insektisida disemprotkan saat terjadi gejala serangan seperti daun berlubang atau terdapat gerombolan kutu putih di beberapa daun. Perangsangan buah bisa dilakukan dengan stres pada saat kemarau.  Caranya  dengan menghentikan penyiraman maksimal selama 2 bulan. Jika tanaman mulai menampakkan bakal bunga maka stres air bisa dihentikan dengan menyiram pohon dan memberikan pupuk NPK berkadar fosfor tinggi. Dosis dan cara pemberian pupuk sama dengan ketika pemberian pupuk daun.

0

TOP

X