Bibit Jambu Air Citra

Rp50.000

Polybag

Stok 10

Quantity
Compare
SKU: 99 Kategori:
  1. JAMBU AIR CITRA

Jambu Citramerupakan buah asli Indonesia. Sosok buahnya berbeda dengan jambu air umumnya. Keunggulannya, bobot buah berukuran jumbo, dapat mencapai 200 gram dan warna buah merah tua. Daging buahnya termasuk tebal, dan padat. Citarasanya manis, renyah, dan tanpa rasa masam. Bentuk buah seperti lonceng.  Kebanyakan buahnya didominasi varian yang tidak berbiji.

Jambu air ini tergolong tanaman tropis dataran rendah yang sangat baik tumbuh di ketinggian hingga 500 mdpl dengan sinar matahari penuh. Jambu itu  dapat tumbuh di dataran tinggi 1.000 mdpl, dan berpengaruh pada rasa buah yang tidak seenak jika ditanam di dataran rendah.

Tanaman ini menyukai tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Dibutuhkan juga iklim dengan curah hujan sedang atau cenderung kering, antara 500 – 3.000 mm/tahun, serta musim kemarau lebih dari empat bulan. Meski begitu, tanaman ini tetap adaptif di daerah yang curah hujannya tinggi, tetapi rasa buahnya bisa jadi hambar dan lebih banyak mengandung air.

Syarat tumbuh tanaman jambu air citra yaitu daerah tanam di dataran rendah, perlu sinar matahari penuh, tanah gembur dan cukup air. Tanaman ini  cocok ditanam dalam pot atau drum. Bibit tanaman dijual dengan ukuran tinggi 50 – 60 cm, dalam polybag 30 cm, sedangkan bibit besar 150 cm, ditumbuhkan dalam drum. Bibit dijual dalam kondisi sehat, berdaun banyak, dan bebas hama atau penyakit.Bibit yang dijual berasal dari perbanyakan vegetatif, cangkok dan sambung pucuk. Dengan perbanyakan itu, jambu citra mulai berbuah setelah 2 tahun masa penanaman. Dan dengan perawatan optimum dapat berbuah 3 kali setahun

Ciri-ciri jambu air citra dewasa, tajuknya bulat, kanopi melebar,batang bulat dengan permukaan halus berwarna coklat dan bercabang-cabang. Daunnya berbentuk lonjong memanjang, saat muda berwarna merah keunguan, dan saat tua berubah hijau tua. Bunga jambu citra memiliki tipe bunga spatula dengan mahkota berwarna kuning. Buahnyaberbentuk seperti lonceng tanpa lekuk dan berkelopak, setiap tandannya berisi 1 – 10 buah.

Berat 3 kg
0

TOP

X