Bibit Jambu Air Madu Deli

Rp75.000

Polybag

Stok 64

Quantity
Compare
SKU: 131 Kategori: ,
  1. JAMBU MADU DELI HIJAU

Jambu  Madu Deli Hijau (Syzygium aqueum) merupakan varietas jambu air sangat unggul. Jambu yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis dan bentuk buah berukuran jumbo dengan bobot dapat mencapai 200-300 g. Warna buah ini berwarna hijau segar dan mengkilap. Citasanya yang sangat manis, sesuai sebutannya madu,  bisa mencapai 12-14 brix, jauh di atas rata-rata jambu air umumnya. Namun, bila iklim tidak sesuai terkadang, warna dan rasa menurun. Misal kadar kemanisan turun hingga 8-9 brix, dan warna putih, krem, hingga kemerahan.

Jambu Madu Deli Hijau (MDH) ini berasal dari Taiwan, dan banyak dikembangkan di daerah Sumatera Utara. Kebanyakan pekebun di sana mengembangkan dengan wadah pot besar dan drum. Agar tumbuh optimal, jambu madu deli sebaiknya ditanam di daerah dataran rendah hingga agak menengah. Tanaman ini juga memerlukan sinar matahari penuh. Kebutuhan intensitas sinar matahari yang tinggi mempengaruhi warna dan tingkat kemanisan buah.

Bibit tanaman yang dijual umumnya dalam polibag 30 cm dan berukuran tinggi 40-60 cm. ukuran lebih besar lagi tersebdia dalam drum dengan tinggi bibit 100—150 cm. Jika ditanam dalam pot, pilih media yang bersifat gembur dan berikan penyiraman yang cukup. Tanaman dapat dipanen mulai umur 3 tahun, dan dapat berbuah 3 kali setahun (panen raya). Dengan pot, maka pemupukan, media, dan penyiraman dapat diatur agar tanaman berbuah maksimal dan memiliki kualitas citarasa yang bagus. Selain pemeliharaan rutin, bibitberumur 4 bulan sejak pindah ke pot, perlu dilakukan pemangkasan untuk membentuk cabang dan menjaga agar pohon tidak terlalu tinggi.

Keunggulan lain jambu asal Asia Tenggara ini, ini berbuah tanpa mengenal musim dan produktif.

Kandungan air dan vitamin C jambu MDH tergolong tinggi, sehingga selain segar juga berkhasiat bagi kesehatan. Dengan segala kelebihannya, jambu MDH kini telah diekspor ke Singapura. Harga jual dengan kualitas A tergolong sangat tinggi, setara dengan jambu air unggulan lainnya. Di Batam dan Sumatera Utara, buah ini menjadi produk yang laris manis.

Berat 3 kg
0

TOP

X