Bibit Jambu Biji Kristal

Rp50.000

Polybag

Stok 53

Quantity
Compare
SKU: 266 Kategori:

Bibit Jambu Biji Kristal

Bibit Jambu Biji Kristal. Jambu kristal berasal dari Taiwan. Bentuk buahnya bulat agak gepeng. Kandungan biji 3%. Permukaan buah ada tonjolan tidak merata. Bobot buah 250—500 gram per buah. Warna kulit luar hijau muda, sedangkan daging buah putih. Tekstur daging buah renyah saat hampir matang dan empuk saat di puncak kematangan. Rasa manis dengan kadar kemanisan 11—12º briks. Pada tingkat kematangan 70%, jambu kristal bisa tahan simpan hingga 1 bulan pada suhu pendingin 10—15ºC.

Jambu kristal mulai berbuah umur 7 bulan asal bibit cangkok. Pada umur itu, mampu memproduksi 5—7 buah, bobotnya 300 gram per buah. Pada umur 2 tahun produksi 70—80 kg/pohon selama 6 bulan. Sekali berbuah jumlahnya 15—30 buah per pohon. Tanaman berbuah sepanjang tahun. Panen raya dapat dilakukan 2 kali, Desember—Maret dan Juni—September. Namun, itu bukan patokan sebab petani dapat mengatur sendiri panen raya dengan mengatur pemangkasan. Perawatan intensif menghasilkan umur ekonomis 10—20 tahun.

Bibit Jambu Biji Kristal. Jambu kristal juga cocok dibuahkan di pekarangan dan pot. Siapkan media berupa bokashi kotoran sapi 100%. Ambil pot berupa drum plastik yang dilubangi di ke-4 sisi samping dekat dasar pot, dan bibit asal cangkokan. Pemilihan bokashi karena menyimpan air dan ringan. Masukkan media kira-kira 1/3 volume pot, masukkan bibit di bagian tengah, lalu timbun dengan sisa media.

Pupuk dengan NPK seimbang dengan perbandingan 15:15:15 setiap 2 minggu. Dosis awal 10 gram dan meningkat setelah 2—3 bulan menjadi 50 gram. Sebelum memupuk, siram media supaya basah. Sembari memupuk, semprot insektisida dan fungisida untuk pencegahan serangan hama dan penyakit. Siram setiap 2 hari selama musim kemarau. Untuk tabulampot

Pada musim hujan, penyiraman disesuaikan dengan kondisi media. Pangkas cabang yang tidak beraturan dan cenderung vertikal. Saat bunga muncul, pertahankan bunga di bagian tengah. Bunga di samping, rompes. Bunga tengah mekar lebih dulu 1 minggu. Bungkus buah saat seukuran jempol. Setelah 2,5 bulan, buah berbobot 500 gram siap petik.

0

TOP

X