Bibit Jambu Dalhari

Rp100.000

Polybag

Stok 91

Quantity
Compare
SKU: 332 Kategori:

Bibit Jambu dalhari

Bibit Jambu Dalhari (Syzygium samarangense) dikembangkan terutama di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Buahnya berwarna merah, dengan rasa yang manis, berdaging buah tebal, dan memiliki tekstur sangat renyah. Jambu air dalhari, tergolong salah satu varietas unggul di Indonesia. Warna jambu air yang merah memang sangat menarik perhatian. Kelebihan lain, sangat jarang ditemukan biji. Hal ini sangat berbeda dibandingkan jambu air umumnya. 

Bibit Jambu dalhari termasuk tanaman yang bersifat genjah atau mudah berbuah dan mampu tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Tanaman tumbuh subur hingga di daerah berketinggian sampai 700 m dpl. Dari bibit, tanaman buah ini mulai belajar berbuah 3-5 tahun dari penanaman.

Perawatan sangat mudah seperti jambu air pada umumnya. Tanaman ini termasuk rajin berbuah dan bahkan tidak kenal musim. Buah berukuran 5 – 8 cm dengan berat 60-150 g. Jambu air yang berasal dari daerah Yogyakarta ini memang sangat terkenal memiliki tekstur buah yang padat dan bercitarasa manis dan segar. 

Buah jambu dalhari berbentuk bulat dan mampu memproduksi 100-200 kg buah setiap musimnya. Daunnya berwarna hijau dan warna batang yang kecokelatan. Semakin berumur, tanaman akan mampu menghasilkan hingga 500 kg setiap musimnya. Panen raya umumnya jatuh pada Juli sampai September.  Kuncinya, jambu dalhari sangat menyenangi pasokan air yang cukup dan tidak berlebihan. Namun, saat musim hujan tiba, perlu diantisipasi agar tidak tergenang air dan menyebabkan penurunan kualitas buah. Terutama citarasa dan ketahanan buah. Untuk mengusahakannya, tanaman ini dapat ditanam dalam pot/drum atau di lahan. Untuk  penanaman di lahan, sebaiknya gunakan jarak antar pohon 5×5 meter. Kemudian lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. 

Pada tabulampotBibit Jambu dalhari  tanaman dapat diatur penampilan dan masa berbuahnya. Tentunya dengan pengaturan media, pupuk, dan penyiraman. Dengan mengusahakan dalam tabulampot, warna buah yang menarik menjadi keunggulan jambu dalhari. Kelebihan lainnya, tanaman dapat dipindah, terutama saat bermasalah dengan genangan air saat hujan tiba. 

Berat 3 kg
0

TOP

X