Bibit Kumis Kucing

Rp35.000

Pot

Stok 2

Quantity
Compare
SKU: 532 Kategori:

Bibit Kumis Kucing

Bibit Kumis Kucing, Orthosiphon aristatus merupakan salah satu tanaman obat  yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). 

Kumis kucing merupakan tanaman terna yang tumbuh tegak, tetapi rimbun. Batangnya berwarna cokelat keunguan dan berbentuk persegi. Daun kumis kucing berbentuk belah ketupat dengan tepi bergerigi. Permukaan daun berbintik. Bunganya berupa tandan yang keluar dari ujung cabang. Ada yang berwarna putih, adapula yang ungu.

Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Ukuran benang sari lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Seluruh bagian tanaman mengandung  minyak asiri, saponin, garam, kalium, tanin, sinensitin, dan myoinositol. Daun kumis kucing berkhasiat menghalau asam urat, peluruh kencing, dan gangguan ginjal.

Bibit Kumis Kucing.  Menyukai tempat tumbuh dengan curah hujan ideal 3.000 mm/tahun. Tanaman menyukai sinar matahari penuh tanpa naungan. Suhu udara yang baik untuk pertumbuhan kumis kucing adalah panas sampai sedang. Ketinggian tempat optimum tanaman kumis kucing 500—1.200 m dpl. Perbanyakan tanaman lewat setek batang. 

Sama seperti pada tanaman obat lainnya bahwa pengendalian hama/penyakit secara alami pada pertanaman kumis kucing lebih diusahakan secara PHT (pengendalian hama secara terpadu). Termasuk di dalamnya sistem bercocok tanam secara tumpang sari akan dapat menghambat serangan hama dan penyakit. Untuk pengendalian gulma sebaiknya lakukan secara manual dengan cara penyiangan. Namun apabila diperlukan dapat diterapkan penyemprotan dengan insektisida maupun pestisida nabati

Untuk menanggulangi asam urat ambil 100 gram daun kumis kucing segar. Cuci bersih bahan. Rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Diamkan hingga dingin lalu saring. Minum air rebusan itu pada setiap pagi. Sementara itu untuk peluruh kencing ambil 1/4 genggam daun segar. Rebus dengan 1 gelas air hingga tersisa ½ gelas. Angkat,dinginkan, lalu saring. Minum ramuan itu 2 kali sehari. Setiap kali minum ½ gelas.

0

TOP

X