Diskon - 20%

Bibit Nangka Mini

Rp44.000

Polybag

Stok 17

Quantity
Compare
SKU: 198 Kategori:

Bibit Nangka Mini

Sebutan mini memang mengacu pada ukuran buah dan sosok tanamannya. Bila umumnya nangka hadir dengan penampilan pohon besar dengan tinggi 20-30 meter, maka lain hal dengan jenis tanaman yag satu ini.  Nangka mini memiliki tinggi sekitar 6—9 meter dengan diameter batang mencapai 15—25 cm. Bentuk buah bulat dan agak lonjong. Bobotnya mencapai 5—7,5 kg. Umur mulai berbuah sekitar 18—24 bulan dari hasil okulasi. 

Meskipun bersosok kecil, tanaman nangka mini tergolong jenis tanaman yang bersifat genjah (rajin berbuah).  Tingkat produktivitas buah sangatlah tinggi. Dalam 1 pohon buah nangka mini mampu menghasilkan puluhan buah, bahkan bisa 40 buah dalam satu kali panen. Ya, keunggulan nangka mini terletak pada pembuahan yang cepat. Saat awal berbunga, beberapa pekebun yang ditemui menceritakan tinggi tanaman Ketika itu mencapai 1,5 meter, diameter batangnya rata-rata 2 cm.

Tanaman berukuran mini ini, memudahkan para kolektor tabulampot untuk memiliki jenis nangka. Sekaligus meringankan saat panen, karena posisi buah amat mudah dijangkau. Meski mini, tanaman nangka mini mempunyai tajuk yang tinggi ke atas tetapi kanopi rapat. Bibit Nangka Mini, tanaman bernama latin Artocarpus heterophyllus sangat cocok ditanam di daerah berketinggian hingga 700 meter di atas permukaan laut.  Syarat tumbuh lainnya, adalah kebutuhan akan sinar matahari penuh dan langsung, serta memiliki curah hujan yang mencapai 2.500-3.000 mm/tahun. 

Bibit Nangka Mini bisa ditanam di pot sehingga bisa ditanam di rumah yang berlahan sempit. Tanaman mampu tumbuh di daerah yang tinggi yaitu 700 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan curah hujan yang tinggi. Tanah yang cocok untuk ditanami nangka mini adalah tanah yang gembur dan agak berpasir. Lakukan penyiraman rutin agar kebutuhan air tanaman tercukupi. Tanaman sangat menyukai sinar matahari. Berikan pupuk NPK dan pupuk kandang agar unsur hara dalam tanah tetap tersedia sehingga kebutuhan tanaman dapat terpenuhi. 

Cara konsumsi nangka mini yakni dimakan langsung. Buah nangka mini memiliki beragam kandungan nutrisi seperti vitamn A, vitamin C, kalium, dan kalsium. Konsumsi nangka mampu memperbaiki sistem pencernaan, menjaga tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga fungsi penglihatan, dan menjaga kesehatan kulit. 

Berat 3 kg
0

TOP

X