Bibit Rambutan Binjai

Rp55.000

Polybag

Stok 1

Compare
SKU: 98 Kategori:

Bibit Rambutan Binjai merupakan tanaman buah unggul asal Binjai, Sumatera Utara. Buah berwarna merah menyala, memiliki rambut panjang dan kasar di bagian kulit buah serta tumbuh jarang. Rambutan ini sangat unggul dalam citarasa. Tingkat kemanisan rambutan binjai tergolong sangat tinggi. Daging buah putih, tampak tebal, padat, kenyal dan “ngelothok”. Sebutan “ngelotok” mengacu pada daging buah yang saat dikupas bagian kulit bijinya masih melekat karena kadar airnya sedikit.

Buah berbentuk bulat agak lonjong, kulit buah tebal dan agak keras. Bobot buah bisa mencapai 18 g/buah dengan produksi mencapai 1.000 butir/pohon. Dari segi ukuran buah, rambutan binjai berukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis rambutan lain. Dengan keunggulannya, buah ini menjadi oleh-oleh khas Binjai dan banyak diburu wisatawan.

Rambutan binjai mudah dibudidayakan, baik di lahan kebun maupun sebagai tanaman buah dalam pot. Bibit tanaman dijual dengan ukuran tinggi 50 – 60 cm, dalam polybag 30 cm, sedangkan bibit besar 150 cm, ditumbuhkan dalam drum. Agar optimal, bibit sebaiknya ditanam di daerah dataran rendah, mendapat sinar matahari penuh, memiliki tanah gembur dan cukup air. Ketika besar, tajuk bulat dengan kanopi melebar, relatif lebih pendek dibanding rambutan rapiah.

Bibit Rambutan binjai,  bisa beradaptasi hingga 500 m dpl. Agar optimal, yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan rambutan binjai yaitu membebaskan tanaman dari gangguan tanaman liar, gulma, dan hama yang menyerang. Cara paling efektif adalah dengan rutin membersihkan lahan dan rajin memangkas tunas liar yang sering muncul. Selain itu, kurangi penggunaan pestisida dan unsur mikro yang mampu merangsang pertumbuhannya.

Bibit Rambutan Binjai memiliki kandungan vitamin A, serat, magnesium, protein, potassium, kalsium, zat besi, dan karbohidrat. Saat Anda kekurangan vitamin di dalam tubuh, maka salah satu akibat yang bisa terjadi adalah sariawan dan infeksi pada mulut. Rambutan bisa menjadi pilihan pencegahnya. Selain manfaat di atas buah ini sangat kaya mineral, vitamin, dan berbagai manfaat baik bagi tubuh Anda. Namun, jangan mengonsumsi rambutan secara berlebihan, sebab bisa beresiko sakit tenggorakan.

0

TOP

X