Diskon - 20%

Bibit Rambutan Rapiah

Rp44.000

Polybag

Quantity
Compare
SKU: 206 Kategori:
  • Rambutan rapiah

Bentuk buah buah bulat dan mempunyai pelt. Warna buah hijau kekuningan. Rambut di permukaan kulit  sangat pendek  dan  kasar. Warna rambut hijau dengan ujung kemerahan. Citarasa daging buah manis. Daging buah ngelotok, tebal, putih, dan tidak terlalu banyak memiliki air. Kulit biji agak meletak. Kulit bagian dalam berwarna putih, menutupi daging.

Bagian buah yang dimakan sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas. Buah berbentuk bulat kecil. Bobot buah 18 gram per buah. Syarat tumbuh tanaman di ataran rendah dengan sinar matahari penuh. Tanaman menyukai tanah gembur dan cukup air. Tajuk tanaman meninggi dengan konopi yang tidak rapat.

Tanaman dapat tumbuh di dataran rendah hingga didataran tinggi sekitar 500 m dpl. Tanah yang gembur dan subur lebih disenangi. Pehobi selayaknya membersihkan pohon dari gulma yang ada disekitarnya. Berikan pupik kira – kira 1 bulan sekali menggunakan pupuk NPK daun atau pupuk sejenisnya. Cara pemupukan ditabur dan dibenamkan disekeliling kanopi tanaman. Selain itu,ketersediaan air harus terpenuhi.

Kayu rambutan bagus sekali untuk kayu bakar. Akarnya dapat dimanfaatkan untuk obat demam. Kulit kayunya sebagai obat radang mulut, dan daunnya untuk obat sakit kepala. Sementara buahnya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, karbohidrat, protein, serat, kalsium, magnesium, zat besi, niacin, potassium, dan zink.

Buah rambutan dipanen ketika berumur 4 bulan setelah bunga mekar. Cara memanennya dengan memotong tangkai buahnya dan jangan dipetik buahnya langsung dari tangkainya. Masa panen rambutan biasanya terjadi dalam 4 bulan yaitu Desember, Januari, Februari, dan Maret.

 

Berat 3 kg
0

TOP

X