Bibit Jeruk Dekopon

Rp50.000

Polybag

Stok 20

Quantity
Compare
SKU: 338 Kategori:

Bibit Tanaman Jeruk Dekopon

Bibit Tanaman Jeruk Dekopon sebenarnya adalah merek dagang. Nama asli jeruk dekopon adalah shiranui. Di Jepang, jeruk shiranui biasanya diberi nama sesuai daerah produsennya. Contohnya shiranui asal Prefektur Ehime diberi nama himepon. Nama dekopon sebetulnya merek dagang untuk shiranui produksi Prefektur Kumamoto. Namun, lama-kelamaan nama dekopon jadi lebih terkenal.

Nama dekopon berasal dari gabungan kata deko—berarti cembung—dan pon dari kata ponkan, salah satu induknya. Penampilannya khas, menyerupai buah pir. Di bagian tangkai buah terdapat tonjolan mirip kalung yang khas. Bobot dekopon rata-rata 250—500 gram per buah. Kulitnya berwarna kuning cerah.

Bibit Tanaman Jeruk Dekopon, siap panen komersial pada umur 4 tahun dari bibit hasil perbanyakan grafting setinggi 50 cm. Pada tahun itu, produktivitas mencapai 25 ton per ha. Satu pohon bisa menghasilkan 40—80 kg. Dekopon juga bisa dijadikan tabulampot. 

Pehobi yang menanam dekopon dalam pot, harus memangkas, memupuk, dan menyiram tepat waktu. Perawatan khusus harus dilakukan, mulai dari pemilihan bibit, pemangkasan cabang dan ranting, pemupukan, hingga seleksi buah. Semua itu disebabkan karena ukuran buah besar sehingga batang dan cabang harus kokoh agar kuat digantungi buah.

Bibit dekopon untuk tabulampot harus berbatang besar, daun rimbun, dan bercabang banyak. Selain lebih cepat berbuah, tanaman berbatang besar relatif kuat menopang buah. Berikan pupuk NPK dengan perbandingan 16:16:16 sebanyak 2 sendok makan. Frekuensi pemupukan setiap 20 hari. Saat dalam pertumbuhan, penyiraman harus rutin, minimal dua hari sekali. Namun saat panas, penyiraman setiap hari

Citarasa dekopon manis dengan sedikit asam menyegarkan. Daging buah dekopon terasa juicy tanpa rasa pahit tersisa di lidah. Dekopon tidak mempunyai biji dan kulit ari septa tipis sehingga porsi buah yang dikonsumsi banyak. Bisa dibilang masyarakat Indonesia memang kurang menyukai rasa manis yang mengandung asam. Biasanya citarasa itu cocok untuk ekspatriat. 

Tingkat kemanisan dekopon bisa ditingkatkan dengan pemupukan atau menanam dekopon di dataran rendah. Namun, dekopon yang ditanam di dataran yang lebih rendah memiliki warna kulit buah yang kurang cerah dan cenderung berkulit tipis. 

Berat 3 kg
0

TOP

X