Bibit Tin Ungu

Rp450.000

Polybag

Stok habis

Compare
SKU: 475 Kategori:

Bibit Tin Ungu

Buah tin diyakini sebagai tanaman buah surga. Tin ungu memiliki citarasa manis dan legit. Tanaman bisa berbuah dalam pot. Percabangan dan daun tanaman tergolong rimbun.  Tin termasuk tanaman yang genjah dan rajin berbuahsepanjang masa. Penanaman tanaman kerabat nangka itucocok di daerah sejuk berelevasi sekitar 700 meter di atas permukaan laut (m dpl). Meski begitu tin tetap tumbuh dan berbuah di dataran rendah, walau tidak sebagus di dataran menengah.

Bibit Tin Ungu. Tanaman asal Asia barat itu menghendaki media tanam yang porous. Gunakan media tanam campuran  60% sekam mentah, 28% serbuk sabut kelapa,

10% pupuk kandang terfermentasi, dan 2% pupuk organik sebagai media tanam.  Media tanam yang tidak porous menyebabkan pertumbuhan tanaman legendaris itu kurang maksimal. Komposisi lain bisa menggunakan tanah, pupuk kandang, dan sekammentah dengan perbandingan 1:1:3.

Tambahkan 1 sendok makan  pupuk organik sebulan sekali pada tanaman berbatang seukuran kelingking agar nutrisi tercukupi. Dosis pemberian tergantung ukuran tanaman.  Tin juga mesti mendapat sinar matahari penuh agar berbuah maksimal, tapi harus terlindung dari hujan. Sebaiknya gunakan naungan plastik UV jika ingin fokus membuahkan tin.  Kelebihan menggunakan naungan antara lain tanaman sehat karena terhindar dari karat daun dan melindungi buah dari hujan. 

Bibit Tin Ungu. Dengan melakukan itu semua buah tin berkualitas bagus bisa didapat. Pehobi harus waspada kehadiran kumbang penggerek batang atau dikenal dengan sebutan fig tree borer. Kumbang Phryneta spinator alias asian long horn beetle itu kerap menyerang pohon berkayu, lalu berkembang-biak di dalamnya.  

Saat dewasa ia menyerang kulit batang, tangkai daun, dan tangkai buah. Kumbang bersungut panjang itu pun sering bertelur di pangkal batang utama dengan menggerogoti kulit. Ia lalu memasukkan telur ke dalam batang. Setelah menetas, larva atau ulat menjadi penggerek batang. Serangga itu membuat lubang dengan memakan empulur dalam batang tin.

Lazimnya, pehobi memasang greenhouse untuk melindungi tanamannya. Adapula yang menempuh cara lain  menyuntikkan insektisida berbahan aktif imidakloprid ke dalam batang. Alternatif lain untuk mengatasi kumbang itu ialah dengan agen hayati, yakni Beauveria bassiana plus zat perekat.

0

TOP

X